New year, new calendar

Assalamu’alaikum sobat blogger πŸ˜ƒ. Apa kabar nih kalian? πŸ˜ƒ

Huaaa…

Tak terasa ya, sekarang sudah memasuki tanggal 5 januari di tahun 2019. Sabtu pertama di tahun ini πŸ˜ƒ. Dan juga deadline menulis terakhir di minggu ini. Hihihi

Sebelumnya aku bingung mau bahas apa. Mau review buku fav ku “Jika kita tak pernah jatuh cinta” by Alvi Syahrin, belum selesai aku baca, sebab para sekumpulan bocah cilik alias sepupu ku sedang berlibur kerumah, sementara aku butuh suasana tenang untuk membaca πŸ˜…. Ada yang samaan sama aku kah? Butuh suasana tenang untuk menikmati sebuah buku? Ngacung! . Wkwkk

Lalu, karena tak punya ide, beberapa hari kemarin scrolling timeline twitter, sembari berpikir hal apa ya yang bisa ku olah. Dan taraaaaa . Aku menemukan sebuah gambar hasil karya @mutiazahia yang buat kalender baru dengan tema lucu-lucu . Kalian bisa liat dibawah ini :

created by @mutiazahia | twitter

Dan karena aku anak kos πŸ˜…. Kalender tahun 2019 gak punya. Jadinya aku praktekin langsung deh, ikutan buat kalender. Kalau mbak @mutiazahia buat tema tananaman. Nahh, kalah aku social media. Kenapa usung tema itu? Karena aku anaknya emang senang berselancar didunia maya dan mungkin udah termauk addict *jangan ditiru, hehe*.

Dari pada berlama-lama,Yuk! Langsung aja kita sama – sama buat kalender nya! πŸ˜ƒ

Pertama, kalian siapin bahan- bahannya dulu, diantaranya

  1. Kertas karton (1 gulungan) , bebas warna ya, sesuai kalian aja
    senengnya warna apa
  2. Pensil
  3. Penggaris
  4. Penghapus
  5. Pensil warna
  6. Gunting

Kedua, silahkan buat tepi nya dulu. Terserah mau ukuran berapa. Kalau aku buat lebar nya 16 cm, panjangnya 26 cm.

Ketiga, sisakan jarak sebesar 2cm dari tepi atas. Ini berguna untuk membuat gantungan kalender sobat blogger πŸ˜ƒ

Keempat, atur jarak lagi dari tepi kedua yang digarisi tadi sebesar 3cm. Ini untuk membuat icon sosial media yang mau aku usung (Gambar lah icon pilihan kalian). Kemudian, atur jarak kebawah setelah bulan dan tahun dengan ukuran 2cm. Ini berguna untuk memberikan ruang antar bulan-tahun dan nama – nama hari. Setelah itu buat kolom – kolom kecil dengan ukuran 1,5 cm. Juga baris – baris dengan ukuran yang sama 1,5 cm. Isilah kolom dan baris denga hari dan tanggal. Seperti gambar dibawah ini :

Kelima, guntinglah karton tadi mengikuti tepi yang sudah digarisi. Dan warnai lah icon yang sudah digambar tadi πŸ˜ƒ. Karena aku buat tema social media. Maka di januari ini aku buat icon facebook. Hihi, ini sosial media pertama yang aku gunakan πŸ˜ƒ.

Keenam, setelah itu tebalkan tulisan bulan-tahun, nama nama hari, dan juga tanggal. Eits, jangan lupa dihapus ya garis-garis yang sudah kita buat tadi. Agar tampilan kalendar kalian jadi bersih dan rapih.


Taraaaa . Selesaiiiiii πŸ˜ƒ

Oh, iya ! Maaf ya kalau kalender buatan aku gak ada tanggal merahnya atau hari hari besar πŸ˜…. dikarenakan tulisan tanganku kurang rapih. Sekian tutorial yang bisa aku bagikan untuk kalian sobat blogger sekalian. kalian boleh buat sesuai kreasi kalian

last but not least, mohon kritik dan sarannya ya. Terimakasih sudah berkunjung 😊

Iklan

20 tanggapan untuk “New year, new calendar”

  1. tepakse awak keluarkan senjata pamungkas. membuka kembali wordpress awak, karena tak mau mau, wordpress yang ini mendengarkan kata aawak… kwkwkwkwk

    so, saya juga biasanya tiap taon juga bikin kalender sendiri, eh bukan kalender, lebih tepatnya monthly planner buat setaon. biar bisa oret2 kegiatan, biar gak lupse gituh…

    nice share de miss Siregar heheh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s